BIMA-Selasa (25/2) Pelatihan Program SMS (Sepuluh Menit Sepekan) BERCITA-CITA kembali dilakukan untuk guru-guru di Kabupaten Bima tepatnya di Desa Karumbu, Kecamatan Langgudu.

SMS (Sepuluh Menit Sepekan) BERCITA-CITA merupakan program utama Gerakan Ayo Bercita-cita (GAB) bagi siswa Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Yakni dengan menyisihkan waktu 10 menit setiap pekan di kelas secara rutin, khusus untuk bercita-cita. Itu yang akan membuat para siswa punya pondasi kuat menjadi generasi hebat.  Tak terjerat masalah saat remaja, serta mudah meraih sukses masing-masing kelak.  

Sebanyak 40 orang guru peserta pelatihan SMS BERCITA-CITA yang berasal dari gugus sekolah 3 dan 4, Kepala UPT, dan Pengawas Kecamatan Langgudu mengikuti kegiatan dengan bersemangat dan antusias karena pelatihan ini pernah diadakan sebelumnya di gugus sekolah 1 dan 2 di Kecamatan Langgudu. Bagi guru-guru di sana ini adalah pelatihan perdana tentang pentingnya anak memiliki cita-cita sejak dini. Jika selama ini guru-guru banyak mengikuti pelatihan tentang administratif sekolah, maka pelatihan kali ini adalah pelatihan yang sangat berbeda.

Ketika sesi guru-guru peserta pelatihan diminta untuk mengingat kembali cita-cita semasa kecil banyak di antara guru yang saling melirik dan bertanya tentang cita-citanya masing-masing. Kemudian ketika diminta untuk menggambarkan cita-cita mereka saling melempar senyum sambil menyelesaikan gambar cita-citanya masing-masing. Ini akan menjadi pengalaman pertama bagi guru-guru ketika ditanya tentang apa cita-citanya di masa kecil dan bagaimana memvisualisasikan cita-citanya.

Pelatihan SMS BERCITA-CITA yang kedua kembali disambut baik oleh Kepala UPT Dinas Dikpora Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima, Drs. Hamidah. Ia sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan SMS BERCITA-CITA yang akan mendukung proses belajar mengajar di kelas. Ia menambhakan “Harapannya kegiatan ini bisa berlanjut di sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Langgudu”. Terlebih ketika mengetahui program GAB ada di bawah naungan Dompet Dhuafa.

Guru Rini Anggraini dan Guru Sri Mulyati sebagai fasilitator sekaligus trainer pelatihan SMS BERCITA-CITA akan melakukan pendampingan untuk sekolah-sekolah yang telah mengikuti pelatihan hari ini selama 4 (empat) bulan lamanya. Setelah itu sekolah akan secara mandiri mengimplementasikan program SMS BERCITA-CITA di kelasnya masing-masing.

Kedepannya Gerakan Ayo Bercita-cita (GAB) akan menjangkau lebih banyak lagi sekolah-sekolah di Indonesia untuk menjadi bagian dari gerakan ini. Oleh karena itu, GAB membutuhkan sinergi pendidik, stakeholder, dan masyarakat luas untuk menduku gerakan ini dan bersama-sama kita Menyemai Generasi Hebat Indonesia.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *